Early Christian Architecture part II


Seni Kristen awal dan arsitektur, karya seni menunjukkan tema-tema Kristen dan struktur yang dirancang untuk ibadah Kristen dibuat relatif lama setelah kematian Yesus. Kebanyakan dari tanggal 4 ke 6 persen. AD Lihat juga ikonografi Kristen di bawah ikonografi.

Pekerjaan awal

Sedikit yang diketahui tentang seni Kristen dalam dua abad pertama setelah kematian Yesus. Di antara manifestasi paling awal yang masih ada adalah lukisan 3d-abad awal pada dinding katakombe di Roma.
Sedangkan gaya menyerupai lukisan dinding Romawi sekuler, subjek sebagian besar terdiri dari tokoh-tokoh Alkitab. Yunus, Daniel, dan Susanna muncul dalam adegan mukjizat melalui intervensi ilahi. Di antara motif yang menyimbolkan harapan kebangkitan dan keabadian adalah ikan dan burung merak. Setelah pengakuan resmi agama Kristen setelah Edict dari Toleransi (313), ruang lingkup seni Kristen awal secara radikal diperbesar.

Mosaik dan Penerangan Naskah

Menjelaskan siklus narasi mosaik menutupi bagian atas dinding, gapura, dan apse gereja basilican (lihat basilika Ada yang diawetkan di Santa Maria Maggiore dan Santa Pudenziana di Roma dan Sant'Apollinare Nuovo di Ravenna.. Penggunaan latar belakang emas mempertinggi pengaruh otherworldliness dan transendensi. Berbeda dengan paganisme, iman Kristen adalah terikat oleh otoritas dari tulisan-tulisan suci, dan ditempatkan pada pentingnya peningkatan produksi buku dan pencahayaan. Beberapa fragmen dari teks alkitabiah, yang ditulis pada perak dan emas di vellum ungu dan mewah menyala, itu masih ada (iluminasi lihat). Selain itu, rubah ini adalah Kejadian Wina, sebuah naskah semester pertama 6 persen.

Patung

Patung dari batu sarkofagus luas dipraktekkan dalam seni Romawi dan dilanjutkan ke era Kristen. Dalam beberapa kasus mata pelajaran mirip dengan katakombe digunakan. Di lain, adegan kehidupan Yesus atau komposisi lebih upacara diciptakan, menunjukkan Kristus bertakhta menerima penghormatan dari para rasul. Selain itu, pemahat gading dihiasi sampul buku dan peti mati peti mayat atau lebih objek, seperti takhta Maximianus di Ravenna, sebuah karya dari 6 persen.

Arsitektur

Sebelum pengakuan hukum iman baru di awal 4 persen., Tempat-tempat ibadah Kristen adalah dari kebutuhan yang tidak mencolok dan tidak memiliki bentuk arsitektural tetap. Setelah itu, bagaimanapun, bangunan-bangunan megah kultus didirikan di banyak bagian Kekaisaran Romawi, terutama di kota-kota utama, Roma, Konstantinopel, Milan, Antiokhia, dan Ravenna. Awal disesuaikan Kristen pembangun struktur yang telah lama digunakan dalam dunia Helenistik dan Romawi. Aula basilican, terdiri dari nave diapit oleh gang-gang yang lebih rendah dan diakhiri oleh sebuah apse, diadopsi sebagai standar struktur dalam ibadah jemaat Kristen. Sant'Apollinare Nuovo di Ravenna dan Santa Sabina di Roma masih bertahan sebagai contoh sebagian besar tak berubah dari jenis ini.

Dalam arsitektur awal Kristen penekanan yang berbeda ditempatkan pada rencana terpusat, yang bulat, poligonal, atau bentuk salib. Baptisteries dan kuil-kuil peringatan (martyria) berdasarkan monumen Romawi terpusat penguburan tradisional. Martyria didirikan pada situs-situs yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan Yesus dan tempat-tempat lain yang diadakan untuk dikuduskan oleh pengorbanan para martir. Dalam bangunan seperti Santo Petrus di Roma dan Makam Suci di Yerusalem, struktur martyrium dan basilika digabungkan, menciptakan sebuah sintesis formal baru sangat penting bagi arsitektur religius periode abad pertengahan.

Tradisi Timur

Suatu jenis seni Kristen berbeda dan arsitektur yang berkembang di Mesir (lihat seni Koptik). Di bagian timur Kekaisaran Romawi perkembangan tradisi Kristen Awal dilanjutkan di bawah naungan kaisar Bizantium (lihat seni Bizantium dan arsitektur).
Seni Kristen awal dan arsitektur adalah seni yang dihasilkan oleh orang Kristen atau di bawah perlindungan Kristen dari sekitar tahun 200 hingga sekitar tahun 500. Sebelum 200 tak ada seni hidup yang dapat disebut Kristen dengan kepastian yang mutlak. Setelah sekitar 500 seni Kristen awal menunjukkan gaya seni Bizantium.

Sebelum 200 orang Kristen mungkin telah dibatasi oleh posisi mereka sebagai kelompok dianiaya dari memproduksi karya seni tahan lama. Karena agama Kristen adalah agama yang sebagian besar merupakan kelas yang lebih rendah dalam periode ini, kurangnya hidup seni mungkin mencerminkan kurangnya dana untuk dukungan.
Perjanjian Lama pembatasan terhadap produksi patung (idola atau jimat diukir di kayu atau batu) gambar, lihat juga keberhalaan dan Kristen, juga mungkin dibatasi Kristen dari produksi seni. Hal ini juga mungkin bahwa orang Kristen dibeli seni menggunakan ikonografi pagan, tapi memberikannya makna Kristen. Jika ini terjadi, "Kristen" seni tidak akan langsung dikenali sebagai demikian.

Orang Kristen awal menggunakan media artistik yang sama dengan budaya pagan di sekitarnya. Media ini termasuk lukisan, mosaik, patung, dan pencahayaan naskah. seni Kristen awal tidak hanya digunakan bentuk-bentuk Romawi, juga digunakan gaya Romawi. Akhir gaya klasik termasuk gambaran proporsional dari tubuh manusia dan presentasi impresionistis ruang.
Akhir gaya klasik terlihat dalam frescos Kristen awal, seperti yang di katakombe Roma.

Kristen awal diadaptasi motif Romawi dan memberi arti baru untuk apa yang telah simbol pagan. Di antara motif yang diadopsi adalah merak, anggur, dan gembala yang baik. Kristen awal juga mengembangkan ikonografi mereka sendiri, misalnya simbol seperti ikan (ikhthus), tidak dipinjam dari ikonografi pagan.

Setelah sekitar tahun 200 seni Kristen harus dibagi menjadi dua periode: sebelum dan sesudah Konsili Nicea pada tahun 325, sebelum Periode Ante-Nicea dan setelah periode tujuh Konsili Ekumenis Pertama.
 
Pada abad ke-4, orang Kristen siap untuk membangun bangunan-bangunan yang lebih besar dan lebih tampan untuk ibadah dari pertemuan diam-diam tempat mereka telah menggunakan. Arsitektur formula untuk kuil-kuil itu tidak cocok, tidak hanya untuk asosiasi pagan mereka, tetapi karena kultus pagan dan pengorbanan yang terjadi di luar ruangan di bawah langit terbuka di hadapan para dewa, dengan kuil, tokoh kultus perumahan dan treasury, seperti latar belakang. Model yang dapat digunakan di tangan, ketika Kaisar Konstantinus I ingin mengajukan surat resmi kekaisaran kesalehan, adalah arsitektur konvensional familiar dari basilika. Ini memiliki pusat nave dengan satu gang di setiap sisi dan apse di salah satu ujung: di platform ini mengangkat duduk uskup dan imam.

Penemuan gereja Kristen adalah salah satu cemerlang - mungkin yang paling brilian - solusi dalam sejarah arsitektur. Hal ini dicapai oleh proses asimilasi dan menolak berbagai preseden, seperti kuil Yunani, Romawi bangunan publik, rumah Romawi swasta, dan rumah ibadat. Masa Awal Kristen melihat pertumbuhan Kristen, efektif sebuah kultus misteri bawah tanah Timur selama tiga abad pertama Masehi. Ini didirikan sebagai agama negara Kekaisaran di bawah penerus Konstantinus. administrasi Gerejawi dibentuk dalam rangka Kekaisaran Romawi. Sedikit perubahan tatanan sosial dan ekonomi. Bertahap perpecahan antara Timur dan Barat Kekaisaran di negara dan gereja. Politik dan keterpurukan ekonomi Barat, yang berakhir dengan invasi barbar.
 
Awal Arsitektur Kristen: gereja basilical dikembangkan dari basilika Romawi sekuler; jenis terpusat dari makam Romawi. rencana Basilical dimodifikasi untuk kebutuhan liturgi; jemaat dan pendeta terpisah di nave dan gang-gang vs transept dan apse. Yang berbeda-beda varian di Timur dan Barat.
 
Di Roma, dinding marmer klasik membering dan kosa kata, dan penekanan pada dinding besar, secara bertahap digantikan oleh permukaan yang luas, datar, merata terang; eksterior bata biasa; band mosaik dari interior.
Long pesawat dengan artikulasi kecil, baik horisontal atau vertikal.
 
Perwakilan bangunan:
 
1) kuil Raja Herodes, Jerusalem, Israel: pengganti kuil Raja Salomo: rekonstruksi sebelum penghancuran pada tahun 70 M; situs yang sama dengan Kubah Batu, di teras yang sama; orang Yahudi tetap menyembah di Tembok Barat dari teras candi hari ini.
 
2) Sinagoga, Dura Europos, Suriah, sekitar 230 AD: rencana; barat dinding dengan Taurat (Alkitab) ceruk dan lukisan dinding, hari ini di Museum Nasional, Damaskus. 

3) rumah-gereja Kristen, Dura Europos, Suriah, 230 AD: rekonstruksi cutaway; baptistery ini: membandingkan rumah ini dengan House of the Vettii di Pompeii, ca. 70 M, pada baris ara. 207.


4) basilika [Old] Santo Petrus, Roma, c. 324 - 319 mungkin - untuk 335: rekonstruksi eksterior; cutaway direkonstruksi basilika dan atrium; rekonstruksi interior, rencana rekonstruksi; melihat interior recostructed, dicat sementara beberapa Santo Petrus masih berdiri; buah ara. 225-226. 
 
5) Gereja Makam Suci, Yerusalem, Israel, ca. 335: rencana rekonstruksi pada abad keempat, perspektif interior rekonstruksi basilika; rencana rekonstruksi basilika dan rotunda Anastasis pada abad keempat, hari ini eksterior, banyak dibangun kembali; buah ara. 228 – 230


Seni dan Arsitektur
Dengan semakin dekatnya unsur negara dan gereja, maka gedung pengadilan pemerintah Roma yaitu gedung Basilika digunakan tidak hanya memperkarakan pengadilan sipil saja tetapi juga pengadilan agama, akhirnya kekuasaan politik para kaisar pudar dan gereja berkembang. Selanjutnya Gedung Basilika mejadi dasar perkembangan bentuk gereja di Roma. Seni yang lain juga dikembangkan dengan gereja sebagai pusat perkembangan seni dan budaya serta keagamaan di tiap-tiap kota di Eropa. Kota-kota di Eropa berlomba membangun kompleks gereja atau Katedral.


Karakter Arsitektur

Bentuk dasar Arsitektur gereja Kristen Awal mengacu dari bentuk arsitektur Romawi, dimana arsitektur Kristen Awal mengalami evaluasi dalam beberapa tahap. Pengaruh lain secara umum adalah pemakaian altar, yang digunakan sebagai tempat untuk persembahan pada para dewa Romawi, pada masa Kristen awal juga dipakai untuk persembahan suci.

Pemakaian model catacombe, yaitu makam umat Kristen yang terletak pada ceruk-ceruk bukit, merupakan lorong-lorong panjang dan gelap (tempat ini digunakan untuk tempat peribadahan). Pada waktu agama Kristen masih dilarang model ini digunakan bila membangun katedral, maka nama katedral tersebut memakai nama orang yang disucikan dan dimakamkan di situ, sedangkan diatas makam tersebut dibangun altar.

Denah :
Bentuk denah Basilika yang dikembangkan dengan menghilangkan salah satu tribun yang berbentuk setengah lingkaran, sehingga tribun yang tinggal dijadikan sebagai suatu pengakhiran yaitu Apse (apsis). Jalan masuk dari tengah/sisi memanjang dipindah ke Barat, sehingga umat yang datang langsung menghadap altar. Sedangkan Nave atau ruang induk (ruang peribadahan) dipisahkan oleh sederetan tiang-tiang yang menopang entablature (balok dengan hiasan berbentuk segitiga diatasnya), atau kalau bentangan lebar, maka deretan kolom memakai bentuk setengah lingkaran diatasnya.

Kemegahan dicapai melalui kesan perspektif memanjang ke arah Sanctuan (tempat altar) dan diakhiri oleh Apse di mana tempat Imam berada. Hal yang demikian ini dikomposisikan dengan perbandingan tinggi/rendahnya langit-langit sehingga proporsinya kelihatan lebih panjang dari yang sebenarnya.


Gereja basilica diberi kiblat sehingga pusat perhatian yaitu ?? lingkaran di dalam Apse (apsis) berada di sisi timur ke arah Yerusalem. Pada perkembangan gereja selanjutnya yaitu perluasan dikedua sisi (navis), sehingga denahnya berbentuk salib yang selanjutnya mengawali bentuk pokok yang bertahan sampai sekarang.

Meskipun dari luar tampak sederhana namun gereja-gereja yang dibangun masa Kaisar Constantinus (sebelum memindahkan ibukota) memperindah keindahan interiornya. Agama Kristen Lama mengikuti adat Ibrani, yang melarang pemujaan patung maka gerejanya tidak dihiasi patung sebesar manusia yang sebelumnya banyak menghiasi basilica-basilika romawi.


Atap :
Atap ditutup dengan konstruksi kayu yang sederhana, dimana hal ini merupakan tipikal dari arsitektur Kristen Awal. Bentuk keseluruhan secara skyline adalah horizontal dan sederhana.


Dinding :
Pemakaian metode konstruksi dari Romawi, yaitu beton/batu yang diplester dan diberi hiasan ornamen Mosaic yaitu pecahan batuan berwarna-warni memberikan efek estetis dan plastis, sehingga berkesan cerah, merah dan biasanya hiasan tersut menceritakan tentang Nabi Isa As.

Bangunan-Bangunan pada Masa Kristen Lama

   
Bangunan-Bangunan pada Masa Kristen Awal

  • St. Peter, Roma
  • St. Clemente, Roma
  • St. Paolo Fuori Le Mura
  • St. Lorenzo Fuori Le Mura
  • St. Agnese Fuori Le Mura




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Posting Komentar